Senin, Juli 05, 2010

Kakek 77th Bday Cake


Tanggal 4 Juli kemarin ayah mertua ultah ke-77. Untuk merayakannya anak-anaknya sepakat mengadakan di Taman Wisata Situ Gintung. Seperti tahun-tahun sebelumnya hadiah dari kami berempat kue ultah.

Mulai bikin kue hari Jum'at malam, kue coklat kesukaan semua anak, mantu sampe cucu-cucunya. Tadinya mo dihias pake buttercream aja...lebih simple dan cepat kerjanya. Tapi teringat masih punya stok fondant....daripada ga kepake, ya dikaryakan saja.



Mulai deh mengira-ngira akan dibikin apa...sempet mo bikin figurine si kakek....tapi blm pede, trus bikin sketsa mo bikin family tree aja....cuma terbentur jumlah cucu yang ada 14 orang...khawatir bidangnya ga muat....ya diakalin untuk anak-anak di taruh di bagian atas kue, dan cucu-cucu di bagian samping.

Hari Sabtu pagi, nganter Nadhif dan Thyo berenang...baru mulai bikin BC sekitar jam 12, trus belah kuenya buat dikasih filling ganache, strawberry paleta trus taburan meses. Mulai ngulenin fondant sekitar jam 3.30 sore karena berhenti sejenak buat ngobrol dengan kakakku yg mampir stlh belanja di tanabang.

Nah ini dia.....udah lama ga pake fondant....ingat-ingat lagi pelajaran kursus di OK....mo ditutupi fondant warna biru ndilalah setelah diuleni dan digiling ternyata kurang......akhirnya rubah skenario pake fondant yg belum diwarnai aja.......lumayan pegel gilas fondant sekilo buat kue diameter 25. Alhamdullilah setelah gilas sana giles sini, lebar mencukupi untuk menutup si kue.....peer berikutnya memindahkan si fondant ke atas kue yg udah dipoleh buttercream.....dan berhasil walaupun di salah satu sisi agak retak-retak karena kurang tipis dan ketarik saat diangkat...gpp ntar ditutupi.

Pas lagi diratakan kok aku ngerasa nih fondant makin basah (aku kerja di area dapur)....apa karena sblmnya kue aku masukin ke kulkas biar BC-nya keras jadi pas di cover lbh gampang....buru-buru di masukin ke kamar yang ada AC-nya. Sembari nunggu si fondant mengering, aku cicil bikin bentuk bulatan untuk nama anak-anak trus bunga untuk cucu-cucu dan hati untuk mama & papa. Tulisan pake RI yg tidak pake ukuran asal ngocok aja....pantesan cepat banget misah antara gula dan putih telurnya.

Kerja menempel bentuk-bentuk akhirnya aku lakukan di dalam kamar ber-AC karena sebelumnya sempat aku keluarkan si fondant mulai berkeringat lagi. Setelah nama-nama ditempel semua....dilihat lagi kok cuma warna putih dan biru....akhirnya ditambahkan bunga-bunga warna pink.....tarraaaa jadilah kue ultah kakek tepat jam 9 malam pas pertandingan PD antara Jerman vs Brazil dimulai.....setelah beberes lanjut nonton.

Kakek yang menerima kue ini senang sekali karena semua nama anak-anaknya serta cucu-cucu ada....kalo cucu-cucunya senang karena nama mereka ada di kue ultah si kakek....alhamdullilah
Selamat ultah Papa, semoga selalu diberikan kesehatan dan kebahagian bersama mama, anak mantu dan cucu-cucunya :)

Tidak ada komentar: