Senin, Agustus 03, 2009

Bella's 17th Birthday Cake Story


Hmmm...udah lama banget nih cerita baru di upload.....soale nunggu fotonya dari ponakan ga dikirim-kirim....akhirnya pake foto seadanya dari camera handphone :)

Ini dia cerita kue ultah request mba Bella ponakanku yang tgl 29 Juli 2009 kemarin berulang tahun ke-17.
Sebelum Bella sendiri yang ngomong, mamanya udah bilang ke aku bahwa dia minta dibuatin kue ultah bertingkat. Aku langsung nebak ini pasti model yan pake fondat dan model tumpukannya ada yang tidak simetris.....dan ternyata benar memang seperti itu yang diminta plus "pake bintang-bintang ya tante...soalnya aku lagi senang bintang"......request-nya mba Bella.



Berhubung jam terbang tantenya dalam hal dekor mendekor belum maksimal.....aku milih pake fondant untuk covering plus hias menghiasnya......hehehehe pengen praktek pake si fondant walaupun ikutan kursusnya udah lama banget.....tapi aku yakin pasti mudahlah.

Seminggu sebelum jadwal bikin kue, aku beli fondant dulu di Titan.....ternyata stok fondantnya tinggal 1,5 kg.....ya udah dibeli aja walaupun bukan merk yang aku cari. Berhubung di rumah cuma ada 1/4 kg takutnya kurang aku mutusin harus beli lagi minimal 2 kg.

Hari Seninnya pas siang aku bela-belain ke Toko Mira buat beli fondant.....ternyata stoknya ga ada.....trus cari juga di toko eks Wilton...eh ngga ada juga...walah mulai panik.com

Trus aku email ke mba Ina nanyain kalo punya stok fondant aku mo beli deh....mba Ina ada tapi mo dipakai juga. Trus beliau menyarankan aku untuk tanya ke Toko Loyang punyanya teh Uceu.......oiya aku baru ingat secara tokonya baru. Search lewat om google dengan kata kunci loyang dan uceu buat nyari nomor teleponnya....yes dapat deh. Malamnya aku sms teh uceu buat nanyain si fondant dan dijawab ada banyak stoknya....alhamdullilah.

Besok paginya aku telpon ke Loyang diterima oleh mba Inggrid dan tanya apakah ada stok fondant....si mba kayaknya agak bingung trus diserahkan ke temannya Pak Kusuma dan alhamdullilah ada stoknya. Pak Kusuma menanyakan aku mau berapa kg nanti disisihkan biar aku nanti tinggal datang aja...oke deh aku minta disiapkan 2 kg dan akan aku ambil nanti siang. Pas aku nutup telpon aku baru ngira-ngira...jangan-jangan pak Kusuma tadi itu chef KW yakkk....hehehe tau deh.

Pas jam makan siang dengan naik bus sekali dari kantorku aku sampai di toko Loyang. Tokonya belum ada papan nama permanen baru tulisan di atas spanduk yang gede, cukup mudah mencarinya berdasarkan petunjuk dari teh Uceu. Masuk ke dalam aku langsung ke meja kasir yang ternyata namanya mba Inggrid trus tanya tentang pesananku....langsung dia mengambil ke lantai atas. Aku sempatkan lihat-lihat apa saja yang dijual. Trus aku diberi tahu sama mba Inggrid di atas juga ada stok bahan kue.

Pas aku mo ke atas aku melihat bapak kulit putih dan dia melihatku sambil tersenyum ramah.....mungkin ini kali ya chef KW suaminya teh Ucue....secara urang Bandung kan kulitnya putih-putih....huahahahaha ngaco deh gw. Sampe di atas ternyata....ada teh Uceu....duh senangnya lagi pas salaman sambil memperkenalkan diri teh Uceu masih ingat sama diriku....."iya ini Eureka kan.......:)" lalu kami ngobrol sebentar aku cerita mo bikin kue ultah dekor pake fondant. Trus nanya alat yg buat merapikan fondant di atas kue yg kayak punya tukang bangunan gitu....ternyata ga ada. Teh Uceu menyarankan pake gelas yang permukaannya licin buat meratakan di atas kuenya atau pake gilingan fondant yang kecil. Oke deh teh makasih ya buat tips-nya.

Malamnya aku nyicil bikin bintang-bintang yang di kasih kawat untuk ditancepin ke kue. Kawat ini aku beli di Blok A Tanah Abang...ternyata di sekian banyak kios baju, tas, sepatu di tanah abang.....terselip satu toko yang menjual pernak-pernik manik-manik beraneka macam.....lumayan besar deh tokonya kayak minimarket gitu.

Hari Rabu niatnya nyicil bikin kue....ternyata oh ternyata aku lebih memilih nonton MJ di Global...jangan ditiru nih kemalasanku. Jadinya bikin kue baru aku lakukan hari Kamis malam sampe jam 1.30 pagi. Diameter kue aku pilih 30, 25, 20 cm.

Hari Jum'at malam aku start mulai menggilas si fondant......ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Beratttt banget karena kira2 1/2 kilo aku ulenin. Gilasan pertama tidak berhasil dipindahkan untuk kue diameter 30 cm karena kurang lebar......akhirnya aku pakai untuk kue yang yg diameter paling kecil.....masih agak ketebelan karena pas dirapikan berasa tebel. Aku pake rolling pin buat meratakan fondant di atas kuenya.

Gilasan berikutnya sama......diulang lagi karena kurang lebar.......trus aku tambahkan porsi fondant-nya......untung ibuku nemenin aku selama mengilas-gilas si fondant.....jadi dengan bantuan beliau aku mindahin fondant yang udah ditipiskan.....makasih ya mami dah nemenin aku ngerjain kue ini.

Alhamdullilah setelah berulang kali nguleni dan menggilas....seluruh kue sudah tercover fondant walaupun masih ada yang kurang rapi bisa ditutupi dengan ornamen bintang-bintang. Selesai menghias jam 00.30 pagi. Tidur dulu ah...mata sepet nih.

Pagi-pagi setelah mengantar anak-anak sekolah dan Bapaknya anak-anak ke stasiun aku melanjutkan hias-menghias......soalnya aku lihat nih kue kok polos banget.....jadilah aku tambahin bulatan kecil-kecil. Dilihat-lihat lagi bagian atas masih polos.....tambahin tulisan ah pake cetakan fondant huruf yang dibelikan tanteku....kemarin belum berhasil bikin tulisan karena lengket mulu tuh fondant di cetakan.....ternyata triknya si fondant setelah digilas diamkan beberapa saat hingga agak kering baru deh tempelin cetakannya.
Alhamdullilah semua selesai tepat waktu.....dan yang penting ponakanku senang banget sama kue yang sesuai request :)

Selamat ulang tahun Bella semoga kamu makin pintar, bijaksana, dan cita-cita kamu masuk ke UI tahun depan terkabul.....sun sayang dari kami semua.

ps. baru berasa sabtu pagi-pagi lenganku pegelllllll dan sakit semua karena ngegilas si fondant......2 hari bo pegelnya :D

Tidak ada komentar: